Monday, September 25, 2017

Apa Saja Persyaratan Mammografi Untuk Mendeteksi Dini Kanker Payudara?

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang dikhawatirkan oleh para wanita. Pasalnya, kanker ini terhitung mematikan bila tidak ditangani sejak dini. Untuk itulah, Anda memerlukan pemeriksaan kanker sejak dini.

Ada beberapa pemeriksaan klinis yang bisa Anda lakukan, yaitu USG payudara dan mammografi. Meski hasil pemeriksaannya berbeda, namun keduanya dapat saling melengkapi.

Mammografi merupakan pemeriksaan dengan menggunakan sinar x dosis rendah, untuk melihat bagian dalam payudara. Saat melakukan pemeriksaan mammografi, Anda akan dibantu oleh petugas wanita.

Untuk mendapatkan gambaran yang akurat, payudara Anda akan ditekan sampai rata sehingga mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Mammografi dilakukan selama 10 hingga 15 menit.

Meski hasilnya cukup akurat, mammografi tidak dapat dilakukan sembarangan. Beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk melakukan mammografi adalah:

1. Berusia di atas 35 tahun

Apabila Anda tidak memiliki gejala dan risiko kanker payudara, mammografi memang sebaiknya tidak dilakukan saat berusia di bawah 35 tahun. Hal ini lantaran payudara Anda masih cenderung padat, sehingga akan menyulitkan pemeriksaan.

Bagi Anda yang berusia 20 hingga 30 tahun bisa melakukan pemeriksaan ultrasonografi untuk mendeteksi adanya sel kanker dalam payudara Anda.

2. Tidak sedang menyusui

Mammografi juga tidak disarankan saat sedang menyusui, dengan alasan kepadatan payudara yang akan menyulitkan pemeriksaan. Selain itu dikhawatirkan sinar X pada mammografi juga akan memengaruhi produksi ASI Anda.

3. Tidak sedang haid

Sementara Anda yang sedang haid sebaiknya menunggu hingga haid Anda selesai. Anda baru dapat melakukan mammografi minimal satu minggu setelah haid berakhir. Saat sedang haid, payudara akan lebih padat dan sensitif, sehingga akan menyulitkan pemeriksaan dan membuat Anda merasa kesakitan.

4. Jangan memakai bedak atau deodoran

Bila Anda memakai bedak atau deodoran pada ketiak, maka ada partikel di dalam bedak dan deodoran yang akan terdeteksi oleh alat mammografi sehingga dapat membuat hasil pemeriksaan dini kanker payudara tidak akurat.

baca juga:
Penyakit kritis bisa saja memupus semua impian sekaligus menguras tabungan yang sudah dikumpulkan dalam waktu lama.

Untuk mendapatkan ilustrasi manfaat asuransi penyakit kritis yang cocok untuk Anda dan keluarga Anda, silahkan kontak nomor telpon di bawah.

KONSULTASI GRATIS !!!

agen asuransi penyakit kritis allianz life indonesia di medan dan sumatera utara

Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: