Friday, April 7, 2017

Inilah Faktor Keuntungan Dan Kelebihan Jika Anda Sudah Memiliki Asuransi Saat Masih Muda Dan Belum Menikah

Inilah Faktor Keuntungan Dan Kelebihan Jika Anda Sudah Memiliki Asuransi Saat Masih Muda Dan Belum Menikah

Pada intinya asuransi adalah suatu produk yang memberikan layanan perlindungan atau proteksi atas semua risiko-risiko kehidupan yang mungkin bisa terjadi pada diri atau barang/harta yang Anda miliki. Pertanyaannya: apakah jika Anda masih muda dan belum menikah perlu asuransi?

Berikut ini adalah salah satu contoh pertanyaan yang saya ambil dari salah satu media online mengenai perlu atau tidaknya mempunyai asuransi saat masih muda.

  • Saya Diana (22 tahun), Saya mau tanya nih Pak, beberapa hari lalu saya ditawari teman kakak saya untuk ikut asuransi jiwa.
  • Memang sih Pak, preminya nggak mahal, cuma Rp 300.000 per bulan. Nggak terlalu berat sih untuk saya walaupun gaji saya nggak terlalu besar karena baru 2,5 tahun bekerja.
  • Nah teman-teman saya di kantor mengatakan bahwa saya belum perlu punya asuransi karena saya masih muda.
  • Bagaimana menurut Bapak? Perlu nggak saya punya asuransi? Kalau memang perlu, asuransi apa saja ?

Betul, bahwa salah satu fungsi utama dari asuransi jiwa adalah untuk menggantikan penghasilan kepala keluarga atau si pencari nafkah jika meninggal dunia sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak terlantar.

Sehingga mereka-mereka yang masih muda, lajang dan belum mempunyai tanggungan merasa tidak memerlukan asuransi.

Persepsi yang kurang tepat yang banyak dipercayai oleh orang adalah saat masih berusia muda dipandang tidak lah perlu untuk memiliki asuransi.

Inilah yang perlu diluruskan bahwa para lajang yang berusia muda malah dianjurkan harus-lah tetap memiliki asuransi.

Apa alasan sehingga saat masih muda dan lajang harus memiliki asuransi?

Saat ini produk asuransi jiwa sudah semakin baik dan bagus. Kalau dulu di asuransi konvensional maka produknya murni hanya menjual perlindungan yaitu proteksi jiwa.

Sedangkan asuransi jiwa modern, disamping menjual proteksi juga menawarkan investasi. Artinya selain Anda mendapatkan proteksi atas jiwa Anda, maka Anda juga akan mendapatkan hasil investasi atas dana kelolaan dari setoran premi Anda.

Nah, dengan adanya manfaat hasil investasi tersebut, maka berikut ini adalah keuntungan dan kelebihan memiliki asuransi saat masih muda dan lajang/belum menikah:

1. Premi Relatif Murah

Saat Anda masih muda dan ingin memiliki asuransi maka premi yang Anda setor setiap bulannya relatif murah bila dibandingkan Anda memiliki asuransi di usia 40 tahun.

Di usia muda maka Anda preminya mulai dari 350 - 500 ribu, sedangkan jika Anda sudah di usia 40 tahun ke atas maka Anda harus mengambil premi minimal 1 juta supaya proteksi dan hasil investasinya seimbang.

2. Manfaat Uang Pertanggungan Jiwa Yang Besar

Dengan premi yang relatif kecil, maka Anda akan mendapatkan manfaat uang pertanggungan jiwa yang besar.

Di samping itu - dengan premi kecil - Anda bisa mendapatkan manfaat tambahan/rider misalnya manfaat rawat inap di rumah sakit, manfaat kecelakaan, manfaat penyakit kritis dan manfaat bebas bayar premi serta akan mendapatkan manfaat hasil investasi yang besar.

Dan kalau dilihat dari sisi investasi tentunya akan semakin baik hasilnya. Seperti kata pepatah yang mengatakan “memanen lebih dahulu, karena lebih awal menabur”.

Artinya jika Anda telah memulai lebih awal, maka Anda akan mendapatkan manfaat lebih, dibanding mereka yang baru akan memulai berasuransi belakangan.

3. Relatif Masih Sehat, Kondisi Fisik Masih Bugar

Di saat Anda masih muda, umumnya kondisi fisik dan kesehatan Anda masih bugar dan prima. Hal ini tentunya akan mempermudah persyaratan dari perusahaan asuransi, apakah Anda disetujui atau tidak untuk memiliki asuransi.

Patut diingat bahwa, tidak semua orang dapat memiliki asuransi jiwa, apalagi kalau Anda sudah memiliki riwayat penyakit.

4. Dana Pensiun

Dengan memiliki asuransi saat masih usia muda maka setidaknya sudah menghilangkan rasa khawatir saat nantinya Anda pensiun.

Nilai tunai sebagai hasil investasi yang nantinya akan dapatkan saat Anda sudah tidak bekerja lagi, tentunya dapat Anda manfaatkan untuk keperluan hidup Anda di hari tua kelak.

5. Pembayaran Premi Lebih Cepat Untuk Pertanggungan Seumur Hidup

Misalkan Anda memiliki produk asuransi Smartlink Flexi Account Plus Allianz saat usia 25 tahun dan dengan rencana masa pembayaran 10 tahun. Maka saat usia 35 tahun, dana yang telah Anda setor selama 10 tahun ditambah dengan hasil investasinya sudah cukup untuk membayar biaya asuransi seumur hidup.

Hal ini tentu sangat berbeda bila Anda baru akan membeli asuransi di usia lanjut.

Di negara-negara maju, maka asuransi adalah cara mereka mengungkapkan rasa optimis mereka pada hari esok untuk orang-orang yang mereka cintai.

Dan asuransi dijadikan protector asset/financial yang harus dimiliki. Sebab pada saat Anda membayar asuransi maka itu berarti Anda telah memastikan warisan untuk orang-orang yang Anda cintai kelak.

Cerita berikut ini bisa saja fiktf namun dari cerita ini bisa ditarik kesimpulan pentingnya memiliki asuransi saat masih muda:

"Saat teman saya kerja di Jepang dia berteman dengan pria Jepang; saat itu pria Jepang ingin melamar seorang gadis Jepang. Waktu acara lamaran, teman saya berkisah si pria Jepang membawa tas besar ke rumah orangtua perempuan. Saat mereka tiba di sana orangtua perempuan itu bertanya kepada si pria tadi "Seberapa besar kamu memikirkan masa depan keluarga kamu kelak?". Si pria Jepang membuka tasnya dan memperlihatkan polis-polis asuransi yang dia miliki kepada orangtua perempuan itu " 

Jadi bagi Anda yang masih muda, belum menikah, sudah memiliki penghasilan sendiri dan kebutuhan hidup Anda belum-lah begitu besar, ini-lah saatnya Anda memiliki asuransi jiwa. Semakin Anda menunda, maka Anda membuang kesempatan emas yang begitu besar.

artikel ini juga wajib Anda baca:

Asuransi bukan untuk mengkhawatirkan masa depan tapi merencanakan masa depan.

Salah satu produk asuransi yang dapat Anda miliki adalah asuransi Smartlink Flexi Account Plus dari Allianz. Jika Anda membutuhkan asuransi yang cocok untuk Anda yang muda dan lajang, sila kontak nomor HP di bawah. Konsultasi GRATIS.


agen asuransi Smartlink Flexi Account Plus Allianz di medan


Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: