Friday, March 24, 2017

Inilah Penyebab Dan Akibat Serta Konsekuensi Jika Polis Anda Sempat Lapse. Apa Solusinya?

Inilah Penyebab Dan Akibat Serta Konsekuensi Jika Polis Anda Sempat Lapse. Apa Solusinya?

Bagi Anda yang telah memiliki polis asuransi sebaiknya berpikir ulang untuk menutup polisnya atau membiarkan polis lapse. Karena jika polis Anda sempat lapse dan Anda sebagai kepala keluarga mengalami musibah misal meninggal dunia maka semua manfaat yang Anda ambil tidak akan diberikan oleh pihak asuransi. 

Defisini dari polis lapse adalah suatu penghentian penanggungan manfaat asuransi oleh perusahaan yang disebabkan karena premi-premi tidak lagi dibayar. Artinya polis Anda dalam keadaan tidak aktif atau batal, dan proteksinya juga berhenti sampai polis tersebut Anda pulihkan lagi.

Contoh polis lapse: Bapak Sugeng, umur 38 tahun, memiliki istri (ibu rumah tangga) dan seorang anak umur 6 tahun. Pernah memiliki polis dengan UP di atas 1 miliar. Saat Bapak Sugeng meningal dunia, status polisnya adalah lapse (batal, tidak aktif). Akibatnya adalah anak dan istri Bpk Sugeng akan kehilangan kesempatan untuk memiliki warisan 1 miliar.
baca juga: Asuransi Penyakit Kritis Allianz Dengan Uang Pertanggungan 1 Miliar Untuk Mencegah Pasien Dan Keluarganya Dari Kebangkrutan
Itulah sebabnya kalau Anda sudah memiliki polis asuransi, maka Anda wajib menjaga agar polis Anda tidak sampai lapse sebab polis asuransi adalah sahabat terbaik Anda di masa kritis.

Jika polis Anda lapse maka bisa dipulihkan kembali dengan jangka waktu maksimal dua tahun. Caraya dengan membayar sejumlah premi yang belum dibayar atau tertunggak dan atau biaya-biaya polis yang terutang.

Berikut ini adalah penyebab polis lapse yang patut Anda ketahui:

1. Dalam dua tahun pertama, premi tidak dibayarkan hingga melewati masa tenggang

Masa tenggang atau grace periode dari polis asuransi unit-link umumnya adalah 45 hari. Contoh polis Anda jatuh tempo tanggal 5 Maret, maka kalau Anda tidak membayar premi tanggal 5 Maret tersebut, maka polis Anda akan tetap aktif sampai 45 hari setelahnya, yaitu 19 April.

Namun jika sampai tanggal 19 April, Anda juga belum membayar premi, maka polis Anda akan lapse pada tanggal 20 April.

Untuk mengaktifkan kembali, maka Anda harus membayar premi untuk periode dua bulan, yaitu 5 Maret dan 5 April.


2. Nilai investasi yang sudah ada tidak cukup untuk membayar biaya-biaya polis

Setelah polis Anda berusia dua tahun, maka semua biaya-biaya polis meliputi biaya akuisisi yang masih tersisa, biaya asuransi dan biaya administrasi), otomatis akan dipotong dari nilai investasi, tanpa melihat apakah Anda sudah membayar premi atau tidak.

Nilai investasi Anda dapat habis oleh beberapa sebab, misalnya Anda tidak membayar premi secara rutin, Anda sering melakukan penarikan dana tunai atau bisa juga karena kinerja investasi tidak baik untuk jangka waktu yang cukup lama khususnya pada saat Anda telah mengambil cuti premi.

Oleh sebab itu, polis Anda akan tetap aktif selama Anda rutin melakukan pembayaran premi secara tepat waktu dan tidak melakukan penarikan tunai. 

Manfaatkan fitur atau fasilitas autodebet atau kartu kredit yang disediakan oleh perusahaan asuransi, agar Anda tidak lupa untuk membayar premi.

Berikut ini adalah beberapa konsekuensi jika polis Anda sempat lapse dan lalu dipulihkan kembali:

1. Masa tunggu akan dimulai dari awal lagi

Jika polis Anda dipulihkan dari kondisi lapse, maka akan berlaku masa tunggu dari awal seperti layaknya polis baru. 

Contoh untuk manfaat penyakit kritis akan ada masa tunggu 90 hari. Artinya jika Anda didiagnosa terkena penyakit kritis sebelum melewati 90 hari sejak tanggal pemulihan polis, maka klaim Anda tidak akan dibayar.

2. Jika ada klaim besar dalam dua tahun sejak pemulihan polis, maka akan dilakukan investigasi

Dua tahun pertama sejak tanggal polis berlaku adalah masa yang krusial bagi perusahaan asuransi yang berhubungan dengan masalah klaim dari nasabahnya. 

Jika ada klaim di masa dua tahun pertama ini terutama yang memiliki nilai besar misalnya klaim meninggal dunia atau penyakit kritis, maka pemeriksaan yang seksama dan teliti akan dilakukan, termasuk kemungkinan dilakukannya investigasi - jika diperlukan.

Kalau polis Anda sempat mengalami lapse kemudian dipulihkan, maka polis Anda akan dihitung dari awal kembali. Sehingga jika ada klaim, maka ada kemungkinan dilakukan investigasi yang berakibat proses klaim akan lebih lama.

3. Harus membayar premi atau biaya asuransi yang tertunggak

Kalau polis Anda lapse di dua tahun pertama, maka untuk memulihkan polisnya Anda diharuskan membayar premi sejumlah bulan yang tertunggak. 

Misal Anda telat membayar premi selama dua bulan, maka Anda wajib membayar premi dua bulan. Bagaimana jika Anda telat membayar premi selama 10 bulan? Tentunya sangat berat bukan?

Kalau polis Anda lapse setelah dua tahun pertama, maka saat Anda akan memulihkan polisnya, Anda harus membayar biaya asuransi dan administrasi yang terhutang. 

4. Bisa dikenakan pemeriksaan kesehatan lagi

Masing-masing perusahaan asuransi memiliki peraturan dan kebijakan tersendiri yang berhubungan dengan cara atau teknis pemulihan polis.


Kalau polis Anda katakanlah baru lapse 1 atau 2 bulan, umumnya jika Anda membayar premi yang tertunggak, maka polis Anda akan langsung aktif kembali.

Namun jika polis Anda lapse sudah 3 bulan atau lebih, maka Anda akan diharuskan untuk mengisi beberapa pertanyaan kesehatan.
baca juga: Lindungilah Diri Anda Dan Keluarga Anda Dengan Manfaat Rawat Inap Cashless Hospital And Surgical Care + Allianz
Dan kalau seandainya di masa lapse tersebut Anda sempat mengalami sakit, maka kemungkinan besar Anda diminta untuk melakukan proses medical check up. Dimana biaya medical check up nya adalah atas biaya sendiri, berbeda dengan proses medical check up saat Anda mengajukan polis dahulu.

5. Pemulihan polis mungkin tidak disetujui

Jika dari hasil medical check up, ada ditemukan masalah atau kondisi kesehatan Anda yang memberatkan maka ada kemungkinan polis Anda tidak dapat dipulihkan atau masih bisa dipulihkan namun akan dikenakan ekstra premi.

Itulah beberapa penyebab, akibat dan konsekuensi kalau polis Anda sempat lapse. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.






Previous Post
Next Post

post written by:

1 comment: