Monday, March 27, 2017

Biaya Akuisisi Allianz Adalah Salah Satu Biaya Yang Layak Menjadi Pertimbangan Anda Dalam Memilih Asuransi Jiwa

Biaya Akuisisi Allianz Adalah Salah Satu Biaya Yang Layak Menjadi Pertimbangan Anda Dalam Memilih Asuransi Jiwa

Di dalam memiliih asuransi ada beberapa beberapa faktor yang dapat Anda jadikan pertimbangan misalnya bagaimana dengan kondisi keuangan perusahaan, bagaimana dengan jasa atau layanan yang tersedia dan bagaimana dengan biaya yang dibebankan. Salah satu dari komponen biaya ini adalah biaya akuisisi.

Biaya-biaya yang terdapat di dalam produk asuransi termasuk biaya akuisisi merupakan hal yang penting pada saat Anda membeli produk asuransi. Biaya tersebut Anda harus bayar selama polis Anda masih aktif (in-force), namun beban biaya tersebut akan di potong otomatis dari saldo unit yang terbentuk dalam polis Anda.
baca juga: Lindungilah Diri Anda Dan Keluarga Anda Dengan Manfaat Rawat Inap Cashless Hospital And Surgical Care + Allianz
Berikut ini adalah jenis-jenis biaya yang ada di Smartlink Flexi Account Plus Allianz:

1. Biaya Akuisisi atau Biaya Pengelolaan

Di dalam setiap polis asuransi maka selalu ada biaya yang namanya biaya akuisisi. Nilai biaya akuisisi antar perusahaan asuransi itu berbeda dan tidak sama. 

Seperti yang Anda ketahui maka setiap produk yang dijual entah itu produk jasa atau barang maka pasti ada biaya produksi. Di  perusahaan asuransi juga sama, biaya inilah yang disebut dengan biaya akuisisi.

Biaya ini adalah biaya untuk menjalankan bisnis perusahaan asuransi misalnya biaya pemeriksaan kesehatan nasabah, pencetakan polis, biaya telekomunikasi, biaya remunerasi karyawan dan agen, dan biaya yang lainnya.

Umumnya di perusahaan asuransi, ditahun pertama akan berlaku biaya akuisisi sebesar 100%, lalu 60% untuk tahun kedua dan seterusnya akan lebih kecil. Pada tahun ke-enam biaya akuisisi ini akan berakhir.

Bagaimana dengan biaya akuisisi di Allianz?

Biaya akuisisi Allianz tidak 100% di tahun pertama, namun 75%, lalu di tahun ke dua 40%, di tahun ke tiga 15%, di tahun ke empat 7.5% dan di tahun ke lima 7.5%

Tabel Biaya Akuisisi Allianz Yang Terbaik Dan Terendah Diantara Perusahaan Asuransi
Seperti yang tercantum di tabel di atas maka jumlah total biaya akuisisi di Allianz adalah 145% (sebagai perbandingan rata-rata total biaya akuisisi di perusahaan asuransi lainnya adalah sekitar atau di atas 200%).

Biaya akuisisi Allianz di tahun pertama adalah 75%, artinya dari total premi yang Anda bayarkan maka hanya dikenakan biaya akuisisi sebesar 75% dan sisanya 25% akan dimasukkan ke dalam porsi investasi setelah dipotong biaya asuransi. 

Sementara di perusahaan asuransi lainya ada yang mengenakan biaya akuisisi 100% sehingga dari total premi yang Anda setorkan tidak ada dana yang akan dimasukkan ke dalam investasi.


Mulai dari tahun ke enam dan seterusnya maka biaya akuisisi ini tidak ada lagi. Sehingga premi yang Anda setorkan mulai tahun ke enam semuanya akan dimasukkan ke dalam porsi investasi sesudah dipotong dengan biaya asurasi (cost of insurance).

Yang patut Anda perhatikan adalah biaya akuisisi ini juga akan berpengaruh dengan nilai Uang Pertanggungan (UP). Umumnya semakin besar biaya akusisi maka biasanya UP akan semakin kecil.

2. Biaya Asuransi atau Cost Of Insurance

Biaya asuransi adalah biaya yang Anda bayar atau yang dikenakan untuk setiap manfaat asuransi yang Anda ambil,  baik itu biaya asuransi dasar (cost of insurance)  maupun biaya asuransi tambahan (cost of rider).

Biaya-biaya ini dikenakan setiap bulan sejak polis diterbitkan atau sejak tahun pertama sampai masa proteksi polis Anda berakhir,

Di Allianz, di tahun pertama maka biaya asuransi dasar dan biaya asuransi tambahan adalah terhutang.

Di tahun kedua, biaya asuransi dasar dan biaya asuransi tambahan tahun pertama yang terhutang akan dikenakan 50% per bulan sejak bulan ke 13 - 24 bersamaan dengan pemotongan biaya asuransi dasar dan biaya asuransi tambahan tahun ke dua sebesar 100%

Kemudian sisa biaya asuransi dasar dan biaya asuransi tambahan tahun pertama sebesar 50% akan dikenakan dari bulan ke 25 - 36  bersamaan dengan pemotongan biaya asuransi dasar dan biaya asuransi tambahan tahun ke tiga sebesar 100%

Biaya asuransi dasar maupun tambahan berbeda dengan biaya akuisisi. Dimana biaya akuisi dikenakan hanya di lima tahun pertama sedangkan setelah lima tahun tidak dikenakan biaya akuisisi lagi. Premi yang seluruhnya masuk ke investasi masih akan dikenakan potongan untuk biaya asuransi dan biaya administrasi. 

Perbedaan antara biaya akuisi dan biaya asuransi.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai biaya asuransi yaitu:
  1. Besarnya nilai uang pertanggungan atau nilai manfat asuransi jiwa.
  2. Jenis kelamin
  3. Usia
  4. Jenis pekerjaan
  5. Hobi
  6. Kondisi kesehatan
Nilai biaya asuransi ini akan semakin besar jika usia Anda semakin tua, semakin besar jumlah uang pertanggungan yang Anda ambil, semakin lengkap manfaat tambahan/rider yang Anda ambil dan juga semaki besar risiko dari jenis pekerjaan Anda.

Contoh biaya asuransi:

contoh biaya asuransi allianz asuransi terbaik di dunia

Jika Anda terkena kondisi substandar oleh sebab misalnya over-weight atau merokok atau adanya kondisi kesehatan dimana pernah menderita sakit kronis maka umumnya akan dikenakan biaya asurnasi yang lebih besar yang mengakibatkan ekstra premi.

3. Biaya Pengelolaan Investasi

Oleh karena unit link ada investasinya, maka perusahaan mengambil upah pengelolaan investasi, yaitu sebesar 2% per tahun per jenis  dana investasi.

4. Biaya Administrasi

Selain biaya-biaya di atas, maka setiap perusahaan asuransi akan mengenakan biaya administrasi yang nilainya berbeda antar perusahaan asuransi. Biaya administrasi ini dibayar per bulan selama polis masih aktif.

Di Allianz, biaya administrasi yang besarnya adalah Rp. 26.5000 baru akan Anda bayar mulai bulan ke-13. Sementara biaya administrasi di tahun pertama adalah gratis.
baca juga: Inilah Beberapa Manfaat Santunan Kesehatan Asuransi Tambahan Atau Rider Flexicare Family Dari Allianz
5, Biaya lainnya

Yang termasuk biaya lainnya adalah:
  • Biaya penarikan dana: Tidak dikenakan biaya
  • Biaya top up tunggal: Tidak dikenakan biaya, tapi kena selisih harga jual-beli unit 5%
  • Biaya switching (pengalihan dana): gratis 4 kali dalam setahun. Lebih dari 4 kali dikenakan biaya 1% atau minimal 100 ribu.
Demikianlah biaya-biaya di asuransi termasuk biaya akuisisi Allianz yang patut Anda jadikan pertimbangan di dalam memilih asuransi untuk perlindungan atau proteksi Anda dan keluarga Anda.

Jika Anda ingin menanyakan mengenai biaya-biaya di atas atau ingin mendapatkan informasi mengenai asuransi yang cocok untuk Anda dan keluarga Anda, dapat menghubungi saya.

agen asuransi allianz untuk wilayah kota medan dan sumatera utara

Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: