Monday, June 6, 2016

Inilah 5 Tips Merencanakan Keuangan Saat Usia 30 Tahun Untuk Masa Depan Lebih Baik
Tips Merencanakan Keuangan Saat Usia 30 Tahun
Setiap orang setelah lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan, disarankan sudah memiliki rencana keuangan yang baik. Merupakan hal yang wajar saat usia belum 30 tahun, akan mengalami jatuh dan bangkit untuk merencanakan keuangan. Karena mungkin ketika usia belum 30 tahun, kebiasaan senang-senang dan menjadi konsumtif menjadi tak terhindarkan. 

Ketika usia Anda belum 30 tahun, mungkin saja Anda  belum memiliki tujuan jelas untuk merencanakan keuangan. Lalu bagaimana dan apa sikap Anda saat menghadapi usia 30 tahun?

Apakah Anda sudah menyiapkan diri untuk menyiapkan perencana keuangan lebih baik lagi? Atau Anda malah masih belum memiliki tujuan jelas untuk merencanakan keuangan.

Menurut Perencana Keuangan Michael Solari, ada sejumlah cara dan hal yang dapat dilakukan untuk merencanakan keuangan ketika berusia 30 tahun. Berikut ini adalah 5 cara merencanakan keuangan saat usia 30 tahun untuk mempersiapkan masa depan lebih baik.

1. Beli Asuransi Yang Dibutuhkan

Secara umum ada berbagai macam asuransi mulai dari kesehatan, jiwa dan properti. Akan tetapi, ada salah satu hal penting untuk menyiapkan keuangan saat usia 30 tahun dengan membeli asuransi tepat untuk Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan atau melakukan riset untuk mendapatkan asuransi yang diinginkan.
2. Tingkatkan Dana Pensiun

Salah satu hal penting dalam merencanakan keuangan ketika berusia 30 tahun adalah dengan meningkatkan dana pensiun. Jika penghasilan Anda meningkat, sebaiknya juga diikuti dengan kontribusi dana pensiun.
3. Siapkan Tujuan Keuangan

Solari menuturkan bila Anda tidak memiliki tujuan keuangan maka tidak ada kemajuan untuk menyiapkan perencanaan keuangan. Ketika berusia 30 tahun biasanya ada dana lebih besar dihabiskan untuk rumah, mobil dan anak. Akan tetapi, Anda juga perlu menyiapkan tabungan yang sesuai dengan tujuan keuangan.

4. Siapkan Dana untuk Anak

Kalau Anda sudah menikah, dan mempunya rencana untuk memiliki anak maka perlu memikirkan untuk memiliki tabungan. Hal itu mengingat membesarkan anak juga membutuhkan biaya besar terutama biaya pendidikan. Anda pun perlu menyimpan dana sedari awal untuk biaya pendidikan anak. 

5. Beli Rumah

Jika Anda berencana beli rumah, dan itu menjadi salah satu tujuan tabungan Anda. Maka Anda sebaiknya menyiapkan dana lebih besar sekitar 20 persen untuk down payment rumah.


Jika ANDA membutuhkan ilustrasi dana pensiun, dana warisan, asuransi kesehatan, asuransi untuk anak secara GRATIS, sila hubungi saya SEKARANG!


video tutorial gratis

agen asuransi prudential di medan