Friday, October 9, 2015

Belum Punya Asuransi? Ini 5 Alasan Kenapa Asuransi itu Penting dan Harus Anda Miliki Sekarang

5 alasan asuransi itu sangat penting - solusi asuransiku
Apa yang membuat asuransi itu penting dan harus dimiliki? Harus diakui bahwa jumlah orang yang memiliki asuransi jiwa di Indonesia masih sangat rendah. Secara statistik memang di Indonesia masih sangat kecil masyarakat yang memiliki program asuransi secara pribadi.

Menurut data yang ada, jumlah pemilik polis di asuransi jiwa pada Semester I 2015 sebanyak 56,4 juta orang (1). Artinya, dari total proyeksi penduduk Indonesia pada tahun 2015 sebesar 255,5 juta jiwa (BPS, Proyeksi Penduduk Indonesia (Indonesia Population Projection) 2010 – 2035), hanya 22 persen penduduk Indonesia yang memiliki proteksi

Rendahnya kesadaraan berasuransi dan kepemilikan polis asuransi di Indonesia disebabkan banyak hal. Diantaranya ada alasan faktor agama. Hal lain misalnya mitos mengurus klaim susah, dan perusahaan asuransi akan mempersulit klaim untuk menghindar dari kewajiban membayar klaim. Atau adanya salah pengertian seperti ini: "membeli asuransi (jiwa) seperti menggadaikan nyawa mereka ke pihak lain".  Kondisi di Indonesia yang belum semua penduduk memiliki polis asuransi ini jauh tertinggal dibandingkan Singapura, yang setiap warganya memiliki 3-4 polis asuransi.

Walaupun demikian pertumbuhan asuransi di Indonesia dari tahun ke tahun bertumbuh pesat. Rata rata pertumbuhan premi naik 20% setiap tahunnya. Kondisi positif ini menunjukkan situasi yang makin berbenah.

Banyaknya tawaran produk-produk asuransi (jiwa) seringkali membuat bingung dan membuat pening kepala. Penting banget tidak sih masuk Asuransi itu? Jangan-jangan itu hanya membuang-buang uang saja. Atau malah membuat perusahaan asuransi atau agentnya tambah kaya. Atau asurnasi itu memang benar ada manfaatnya?

Manfaat asuransi belum akan benar-benar terasa sebelum resiko yang ditanggung menimpa kita dan manfaatnya tidak langsung dirasakan oleh pemiliknya, namun justru dirasakan oleh ahli warisnya. Lalu apa alasannya kenapa kita harus memiliki asuransi.

asuransi jiwa itu tidak penting - solusi asuransiku

Berikut ini adalah 5 alasan kenapa asuransi itu penting dan harus Anda miliki sekarang!

1. Melindungi peristiwa yang sudah pasti – KEMATIAN

Manusia itu bisa Sakit, PASTI. Kapan sakitnya? Tidak Pasti. Manusia itu bisa kecelakaan, PASTI, seperti apa kecelakaannya dan seberapa besar tingkat keparahan kecelakaannya, Tidak pasti, termasuk kapan akan Celaka. Manusia itu akan Meninggal, PASTI. Kapan? Tidak Pasti.

Pernahkah Anda membayangkan jika sewaktu-waktu Anda sebagai pemberi nafkah keluarga meninggal dunia secara tiba-tiba, siapakah yang akan membiayai dan melindungi keluarga dari masalah keuangan setelah Anda pergi? Untuk Anda yang memiliki asuransi jiwa mungkin hal ini tidak akan terlalu mengkhawatirkan, karena pada dasarnya Asuransi jiwalah yang akan mengatasinya masalah ini. Asuransi jiwa memungkinkan keluarga membayar berbagai biaya serta hutang yang mungkin masih tersisa.

Ketika kita meninggalkan dunia ini tidakkah kita ingin tetap membahagiakan keluarga kita yang kita sayangi? Asuransi bukan ‘penolak kematian’ tapi asuransi juga sama sekali bukan ‘penyebab kematian'.

2. Antisipasi kejadian tak terduga - sedia payung sebelum hujan

Hidup memang selalu punya rahasianya sendiri. Sama seperti musibah atau kecelakaan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana terjadi. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang kita buat. Di saat seperti itulah peran asuransi kesehatan dibutuhkan, untuk mengkover segala biaya-biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika hal itu terjadi. Bahkan ketika pemilik asuransi yang juga berperan sebagai pencari nafkah mendapatkan penyakit berat yang menyebabkan dirinya tidak mampu lagi bekerja menghidupi keluarga. Asuransi akan membantu Anda mengatasi keuangan Anda yang berubah secara drastis ketika hal-hal tersebut terjadi.

3. Sebagai alat untuk berinvestasi dan agar lebih disiplin menabung

Setiap orang pasti menginginkan dana hasil usahanya bisa berkembang melalui investasi. Tentunya investasi yang benar dan aman bukan investasi penipuan atau investasi bodong.  Berinvestasi di asuransi yang ada unit link (kaitannya dengan investasi) menjadi pilihan yang cukup bijak. Hal ini dapat Anda bandingkan ketika menabung di bank yang sering kali terkena inflasi dan seringnya anda menarik uang di ATM. Yang tanpa Anda sadari habis begitu saja. Dengan memiliki asuransi Anda tidak hanya diajarkan untuk menabung untuk jangka panjang, namun juga membiasakan diri untuk berdisplin dalam mengatur anggaran keuangan. Hasil dari tersebut nantinya juga dapat Anda gunakan untuk apa saja, untuk beli rumah, mobil impian atau perjalanan liburan ke tempat yang Anda inginkan.

4. Berguna untuk mendapatkan dan menyusun rencana masa depan

Biaya sekolah anak, dana pensiun, pemenuhan kebutuhan tempat tinggal, dan lain sebagainya adalah beberapa hal yang akan dibutuhkan di masa depan. Agar semua keinginan dan kebutuhan tersebut bisa tercapai suatu hari nanti, maka langkah Anda hari ini adalah penentunya. Seberapa besar Anda berusaha untuk mencapainya serta berapa besar Anda menabung untuk masa depan Anda, itulah yang akan menjaminnya. 

Di antara kelebihan dari asuransi terutama yang berkaitan dengan investasi sangat berguna untuk masa depan anda membantu mewujudkan rencana-rencana masa depan anda. Mario Teguh menyakinkan bahwa asuransi adalah ‘uang kecil membeli uang besar’.

5. Memberikan ketenangan dan kedamaian

Dengan memiliki asuransi maka kita akan tenang. Asuransi memberi seseorang sesuatu yang berharga yaitu ketenangan pikiran karena mengetahui keluarganya tidak akan terlantar saat sesuatu yang tidak terduga terjadi seperti kematian. Ketenangan ini penting. Dalam menjadi hidup hari demi hari, aktivitas apapun yang kita lakukan akan mudah jika jiwa kita tenang. Keresahan dan kegelisahan jiwa akan membawa dampak buruk bagi kesehatan kita.

Apabila Anda ingin mempersiapkan masa depan yang lebih baik, mendapatkan proteksi yang maksimal, serta ingin menginvestasikan uang Anda di jalur yang tepat, maka itulah 5 alasan kenapa asuransi itu penting dan harus anda miliki sekarang.

Jangan biarkan diri Anda terpapar risiko tanpa terlindungi karena risiko bisa datang kapan saja dan di mana saja tanpa pandang bulu.  

Dan kenapa harus menungu besok, jika Anda bisa memilikinya

<<< SEKARANG >>>


agen asuransi prudential berlisensi AAJI untuk wilayah kota Medan dan sekitarnya



(1): keuangan.kontan.co.id/news/jumlah-peserta-asuransi-jiwa-menyusut
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: